Home | Provokasi | Berpikir Positif & Membangun

Berpikir Positif & Membangun

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Provokasi

Tidak selamanya berpikir positif akan berdampak positif. Dan tidak selamanya berpikir negatif akan berdampak negatif. Apa jadinya kalau dengan pikiran positif bahwa semua orang baik, lalu kita meninggalkan HP begitu saja. Kalau politisi, petinggi KPK, atau kejaksaan selalu berpikir positif, maka mungkin tidak ada kejahatan yang terungkap tuntas.

Yang positif dan negatif  itu bukan berpikirnya, melainkan dampak atau hasilnya. Apakah berdayaguna,  bermanfaat, menghancurkan, atau merugikan. Dengan demikian, istilah yang lebih tepat adalah berpikir yang bermanfaat VS berpikir yang merugikan, berpikir membangun VS merusak, dan berpikir memberdayakan VS tidak memberdayakan.

Persoalan akan terjadi bila kita sedang mewujudkan suatu tujuan yang butuh berpikir budaya, tapi malah tidak berdaya. Dalam suatu tim kerja, untuk mencapai hasil perlu sinergi. Itu tercipta jika anggotanya matang dan layak dipercaya. Jika ada yang kekanak-kanakan, tidak bisa dipercaya, maka sulit tercipta sinergi. Persoalan akan mudah diselesaikan jika seluruh anggota saling percaya dan saling curiga. Ini terkait dengan mental anggota tim.

Orang bermental  kekurangan akan melihat sesuatu  langka dan terbatas, sehingga untuk mendapatkannya harus diperebutkan.  Paradigmanya adalah saya. Orang seperti ini takut tidak kebagian, rasa amannya rendah. Ia takut tidak  kebagian jabatan, rejeki, perhatian, dan sebagainya.

Sementara orang bermental kaya akan melihat sesuatu cukup untuk semuanya. Paradigmanya adalah kita. Orang seperti ini rasa amannya  tinggi. Ia fokus pada berbagi, meluaskan cara pandangnya dalam menyelesaikan masalah, dan tidak takut bersaing. Kalau dia seorang pemimpin, maka dia tidak takut bersiang dengan anak buahnya, bahkan mengkader anak buahnya.

Jika kita membangun diri untuk menjadi orang yang bermental kaya dan berkelimpahan, sehingga dapat bersinergi dengan  orang lain, maka pekerjaan kita adalah pekerjaan yang setara dengan jihad.

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in

as