Home | Smart Behavior | Mengelola Perusahaan Dengan Memaksimalkan Otak Kanan

Mengelola Perusahaan Dengan Memaksimalkan Otak Kanan

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Smart Behavior

Memaksimalkan fungsi otak perlu dilakukan dalam berbagai aktifitas, termasuk dalam mengelola perusahaan. Dalam mengelola perusahaan, yang terutama perlu dilakukan adalah mengoptimalkan otak kanan. Dengan mengoptimalkan otak kanan, maka pengelolaan perusahaan akan berlangsung secara komperhensif.

Untuk mengoptimalkan otak kanan dalam mengelola/manajemen perusahaan (right brain management), harus lebih dulu mempunyai gambaran besar tentang perusahaan. Misalnya perusahaan asuransi.Asuransi adalah  produk yang generik. Apa yang membedakan perusahaan asuransi yang satu dengan perusahaan asuranis  yang lain? Ini yang harus dilakukan. Mulailah berpikir untuk menawarkan asuransi sebagai produk yang menyeluruh, memberikan solusi, danmenjadi jalan keluar dari masalah keuangan. Dengan demikian kostumer bukan hanya membeli asuransi, tapi mendapat solusi  menyeluruh akan kebutuhannya. Mulailah berpikir secara eksplisit bahwa yang akan diberikan kepada kostumer bukan produk asuransi saja, tapi menyeluruh.

 

Seperti Steve Jobs, usaha utamanya memang produksi komputer. Tapi dia membangun budaya bahwa yang dijual perusahaannya bukan hanya komputer saja,  tapi juga solusi kepada pemakai produknya, dan dengan produknya banyak yang bisa dilakukan. Budaya itu dibangun sehingga menjadi right brain management.Budaya itu ditularkan kepada tim nya.

 

Pengelolaan perusahaan dengan memaksimalkan otak kanan juga terkait dengan visi perusahaan. Apakah perusahaan mau berpikir secara luas dan menyeluruh, dan menanamkan hal itu kepada para karyawannya. Hal itu harus dilakukan melalui pelatihan secara terus menerus.

 

Contoh berdasarkan tipe prilaku:

-Orang dominan  berpikir garis besar/menyeluruh. Kalau diajak kepada right brain management harus melakukan pendekatan tentang garis besar lebih dulu kepada mereka.

-Orang intim punya potensi untuk menggunakan right brain manajemen lebih cepat. Tapi juga punya keterbatasan, karena tipe intim punya persoalan manajemen dimana ia lebihkonsern kepada orang daripada hasil. Tipe ini perlu diberikan panduan yang jelas.

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha
  • Email to a friend Email to a friend
  • Print version Print version
  • Plain text Plain text

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in