Home | Smart Behavior | Tipe Kepribadian Cermat

Tipe Kepribadian Cermat

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Smart Behavior

Sebelumnya kita telah membahas tentang 3 tipe kepribadian, yaitu tipe Dominan, Intim dan Stabil. Ada satu tipe lagi yaitu tipe Cermat.

Orang dengan tipe kepribadian cermat mempunyai nilai/standart hidup yang tinggi. Karenanya orang dengan tipe ini sering disebut perfeksionis. Ketakutan mereka adalah dikritik, karena mereka merasa sudah menerapkan standart yang tinggi dalam kehidupannya. Ketika dikritik mereka merasa tidak nyaman.

Orang dengan tipe cermat suka dengan fakta, data, dan tidak suka bertele-tele. Mereka punya kekuatan yang bisa diandalkan, baik dalam keluarga, pekerjaan, dan bisnis. Mereka cocok bekerjasama dengan tipe global yang sulit dengan hal-hal detil. Kerjasama akan membuat mereka lebih kuat, saling melengkapi dan harmonis.

Sekali lagi, setiap kepribadian adalah unik. Untuk itu kita harus melihat tipe-tipe kepribadian yang beragam itu dengan kekuatannya, bukan kelemahannya. Dengan demikian kita sedang membangun mereka untuk berkembang.

Manusia cenderung melihat kekurangan oranglain, dan melihat kelebihan dirinya sendiri. Untuk itu kita harus belajar mengenali kekuatan kita, juga kekuatan orang lain dan mengembangkannya, agar inteaksi berjalan lebih baik. Kalau kita tidak mengenali tipe kepribadian orang lain, maka kita akan dipengaruhi oleh asumsi dan persepsi negatif.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in

as