Home | Smart Business Talk | Memanage Tim Sales Untuk Mencapai Sukses

Memanage Tim Sales Untuk Mencapai Sukses

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Smart Business Talk

Untuk mencapai target penjualan perusahaan, diperlukan kerjasama tim sales. Keberhasilan tim sales untuk mencapai target perusahaan sangat ditentukan oleh peran sales manager atau sales supervisor. Manajer atau supervisor harus ikut terlibat dalam pencapaian target timnya sesuai dengan kapasitasnya.

Agar tim sales bisa mencapai target perusahaan, seorang manager harus bisa memanage timnya dengan baik. Namun seorang manager harus bisa membatasi diri untuk tidak menempatkan dirinya sebagai sales. Ingat, manager bukan supersalesman. Jangan sampai target perusahaan tercapai karena adanya kontribusi penjualan yang dilakukan oleh manager, sementara timnya hanya bisa mencapai  50% saja misalnya.

-Pada tahap awal, seorang sales manager sudah harus berperan dalam memilih anggota timmnya. Ia harus bisa melakukan seleksai yang baik agar timnya berisi orang-orang yang berkualitas. Proses rekrutmen harus berjalan dengan baik. Jangan coba-coba untuk melakukan trial and error.

-Setelah memiliki anggota tim, sales manager harus memberikan training agar mereka mahir di bidangnya.

-Membangun budaya kerja tim agar sejalan dengan visi perusahaan.

Pada intinya ada 2 tugas utama sales manager, yaitu to achieve (mencapai target perusahaan), dan to build (membangun tim yang solid).    

Membangun tim yang solid memang bukan hal mudah,  karena tim terdiri dari beberapa orang dengan berbagai karakter. Namun, kebiasaan tim sangat tergantung pada gaya/pribadi pemimpinnya/manajernya. Seorang sales manager juga harus mengetahui apakah timnya sudah sejalan dengan visi perusahaan. Untuk itu manager harus punya tolak ukur yang jelas, untuk menilai apakah gerak timnya sudah sejalan dengan visi perusahaan.

Ada 2 tipe manager. Tipe agresif, dia akan langsung melakukan gebrakan untuk melakukan perubahan. Tipe tidak agresif, dia akan lebih dulu menghimbau, dan melakukan perubahan kebiasaan sedikit demi sedikit.

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in

as