Home | Smart Business Talk | Pentingnya Peran Sales Manager

Pentingnya Peran Sales Manager

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Smart Business Talk

Keberhasilan tim sales dalam mencapai target perusahaan sangat ditentukan oleh sales manager atau sales supervisor. Manajer atau supervisor harus ikut terlibat dalam pencapaian target sesuai kapasitasnya. Ketika tim nya bersemangat, manajer/supervisor harus ikut bersemangat. Ketika tim nya mulai kendor semangatnya, manajer/supervisor harus bisa menyemangati.

Sayangnya tidak semua manajer/supervisor punya kemampuan yang baik dalam memimpin tim salesnya. Hal ini memang cukup dimaklumi, karena kebanyakan manajer/supervisor adalah seorang sales berprestasi yang kemudian diangkat menjadi manajer/supervisor. Ia tidak punya latar belakang manajemen sebelumnya. Apalagi jika perusahaan tidak membekalinya dengan training, maka ia akan belajar dari sekitarnya.  

Fungsi minimal seorang  manajer/supervisor adalah: perencanaan, pengorganisasian, implementasi, dan poeple skill.  Selama menjadi  sales, fungsi-fungi itu tidak pernah dilakukan, dan sekarang dengan menjadi manajer/supervisor fungsi itu harus dilakukan agar tim nya bisa mencapai target.

Ada 2 tugas utama manajer/supervisor:

1,Mengarahkan tim untuk mencapai target perusahaan (Achieve).

2. Membangun tim building.

Kalau hanya acviev saja, seorang manajer baru melakukan 50% tugasnya. Bagaimana target itu bisa tercapai? Apakah itu hasil kerja seluruh anggota tim, atau hanya segelintir anggota tim, sehingga manajer ikut membantu menutupi kekurangan annggota tim yang lain. Seorang manajer/supervisor harus merubah mindsetnya, dari seorang pelaku menjadi seorang koordinator.

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in

as