Home | Smart Enterpreneur | Perlunya Perpaduan Barang&Jasa

Perlunya Perpaduan Barang&Jasa

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Smart Enterpreneur

Fenomena bisnis yang tidak bisa dihindari saat ini adalah, menjual produk tidak bisa dipisahkan dengan menjual jasa. Untuk itu, jika saat ini Anda mengelola bisnis yang menjual produk dalam bentuk barang, jangan abaikan unsur jasa dalam menjualnya.

Ke depan, menjual produk apapun juga akan bersentuhan dengan jasa.  Makin maju dunia bisnis, maka makin berubah cara orang dalam mengelola sebuah bisnis. Yang tadinya hanya menjual produk berupa  barang tidak bisa lagi hanya menjualan barang dengan manajemen barang, melainkan perlu pendekatan jasa. Karena kalau  disederhanakan, bisnis apaun ujung-ujungnya adalah jasa. Sehingga tidak terhindarkan mengelolanya juga seperti bisnis jasa. Tidak lagi bisa dipisahkan bahwa produk adalah jasa, dan jasa adalah produk. Mereka saling bersinergi.

Perbankan misalnya, meski yang ditawari adalah produk tabungan atau deposito, namun sesungguhnya mereka menawarkan jasa pengelolaan finansial. Untuk itu dalam pengelolaannya, bank tidak boleh mengabaikan unsur jasa, seperti keramahtamahan, keamanan, dan kenyamanan.

Contoh lain adalah usaha restoran. Meski produk utama yang ditawarkan adalah makanan, namun unsur jasa juga tidak bisa diabaikan. Misalnya dalam pelayanan (keramahan, kecepatan, cita rasa makanan), serta reward kepada konsumen, dan sebagainya.   

Melihat persaingan yang ketat saat ini, maka perpaduan antara produk barang dan jasa itu tidak bisa dihindari. Kalau tidak ada inovasi maka konsumen akan lari ke kompetitor. Jangan takut untuk memadukan produk dan jasa, karena dalam jasa tidak memerlukan biaya yang besar, yang penting adalah kreatifitas.

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in

as