Home | Smart Ethos | Nenek Shiang Berjalan 10 KM Setiap Hari

Nenek Shiang Berjalan 10 KM Setiap Hari

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Smart Ethos

Setiap pagi, seorang nenek bernama Shiang Yun Chuy bangun pukul 5 pagi, lalu menyiapkan sarapan untuk Tan, cucunya yang berumur7 tahun. Setelah itu ia menggendong Tan di pungungnya dan berjalan sejauh 10 kilo meter untuk menuju sekolah di kawasan darat daya Tiongkok. Perjalanan itu memakan waktu 2 jam.

Nenek yang luar biasa ini melakukan kegiatan itu setiap hari, demi sang cucu yang mengidap sebuah penyakit dan tidak bisa berjalan, bisa tetap sekolah. Selama 3 tahun sang nenek melakukan kegiatan itu. Diperkirakan ia sudah berjalan  sejauh 10.000 kilo meter. Pernah karena terburu-buru agar tidak terlambat tiba di sekolah, si nenak terjatuh dan lututnya mengalami pendarahan.  Selama itu, Tan tidak pernah terlambat tiba di sekolah.

Kegiatan nenek Shiang mengundang perhatian masyarakat setempat. Mereka mengumpulkan dana untuk membantu biaya operasi Tan agar bisa berjalan. Ayah Tan sendiri sudah tewas karena kecelakaan mobil. Sedangkan ibunya sibuk bekerja, sehingga sang nenek mengambil tanggungjawab merawat cucunya.

Ini adalah sebuah kisah nyata dari Tiongkok. Sebuah kisah yang menggambarkan tentang tanggungjawab orangtua dan nenek kepada keturunannya. Tidak ada yang terlalu berat ketika kita berbicara tentang keluarga. Cintalah yang membuat itu terjadi. Kasih sayang terhadap keturunan kita adalah energi yang dimiliki manusia dalam hidup.

Dimana ada rasa sayang, maka tidak ada penderitaan yang berat untuk dilewati, tidak  ada beban yang terlalu besar untuk dipikul. Itulah kehebatan etos tanggungjawab dan cinta. Kita dimampukan untuk melakukan hal yang luar biasa, dan memikul beban kerja yang tidak terpikirkan sebelumnya.  Etos ini perlu kita miliki.

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0

Log in

as