Home | TDW Show | Memulai Usaha Tanpa Modal

Memulai Usaha Tanpa Modal

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Memulai usaha tanpa modal? Mana mungkin! Mungkin itu yang terbersit dalam benak banyak orang jika mendengar kalimat “memulai usaha tanpa modal”. Padahal dengan keyakinan, kemauan dan tekad, memulai usaha tanpa modal, bukan tidak mungkin.

Banyak orang mempunyai paradigma yang salah dalam hal bisnis dan keuangan. Paradigma itu membuat diri mereka terkungkung untuk berkembang. Paradigma itu misalnya “kalau mau dapat untung besar, maka modal harus besar”. Dengan paradigma itu, maka keinginan untuk berbisnis tidak kunjung terealisasi karena menunggu modal besar.

Untuk memulai usaha tanpa  modal, yang perlu dilakukan lebih dulu adalah membenahi diri. Membenahi diri dalam arti menanamkan keyakinan bahwa setiap orang bisa sukses.

Yang perlu dilakukan untuk bisa memulai usaha tanpa modal adalah:

1.Membongkar keyakinan diri. Sebagus apapun goal dan strategi yang dibuat, tidak akan berguna kalau tidak ada keyakinan bahwa dia bisa sukses meski tidak punya modal. 

2.Menentukan goal. Goal yang dibuat bisa menjadi penyemangat.

3.Setting strategi. Strategi diperlukan untuk menentukan langkah yang akan dilakukan.

4.Buat alasan kuat. Alasan yang kuat akan mendorong untuk melakukan take action.

Untuk membongkar keyakinan, kita perlu memiliki awareness bahwa setiap orang bisa sukses. Tanamkan keyakinan dalam diri dengan membangun pikiran yang positif, misalnya dengan mempunyai kalimat penyemangat. Pikirkanlah tentang nikmat dan sengsara jika punya usaha dan tidak punya usaha.

Modal yang lebih utama adala kemauan dan keberanian, bukan uang. Jika tidak ada uang untuk modal, beranikan diri untuk belajar dari orang-orang sukses di sekitar kita, dan bekerjalah kepadanya. Sambil itu berjalan, mulailah menabung. Bukan hanya menabung uang, tapi juga menabung ketrampilan.

Mencari nikmat, menghindari sengsara, adalah kalimat yang perlu dipertimbangkan untuk berani memulai usaha meski tanpa modal. Bayangkan di hari tua nanti kita  sudah mempunyai “angsa bertelur emas”, sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan masalah keuangan.

 

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

Post your comment

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Tagged as:

No tags for this article

Rate this article

0